Inilah 8 Game Online Paling Sukses dan Legendaris di Indonesia

Game Online Legendaris

Jauh sebelum HP dengan sistem operasi Android begitu berkuasa dan membuat banyak orang jadi gamer, dulu untuk bermain game butuh perjuangan ke warnet. Tanyakan pada generasi milenial yang hidup besar di tahun 2000-an, berkunjung ke warnet sepulang sekolah dan menghabiskan banyak uang untuk berjam-jam menaikkan level adalah hal lazim. Apalagi jika mereka bermain game online legendaris yang ada pada masa itu.

Namun kecanggihan teknologi kini membuat kebiasaan bermain game berpindah dari PC ke perangkat HP Android. Meskipun banyak game-game Android yang populer dan digandrungi, game-game online masih memiliki penggemarnya sendiri. Supaya Anda bisa nostalgia, berikut ini adalah delapan game online paling legendaris dan sukses di Tanah Air. Apakah Anda pernah memainkannya?

8 Game Online Legendaris di Tanah Air

Ragnarok

Dan inilah game online berbasis MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) yang paling sukses, fenomenal dan legendaris di Indonesia. Disebut sebagai game sejuta umat, Ragnarok dikenalkan pada Mei 2003 oleh pengembang asal Korea Selatan, Gravity. Ketika dikenalkan di Indonesia, Ragnarok langsung menyedot perhatian gamer. Bukan hanya karena tampilan, tapi konsep permainan.

Bermain di Ragnarok berarti Anda tenggelam pada petualangan di Rune Midgard tanpa ujung. Gravity paham betul cara untuk memuaskan para gamer dengan menyediakan peta penjelajahan sangat luas dengan berbagai monster dan item. Keberadaan fitur chatting online membuat Ragnarok tidak membosankan dan membuat Anda bisa berkenalan dengan gamer di seantero Indonesia.

Tak cuma berpengaruh di dunia online saja, fenomena Ragnarok bahkan sampai ke dunia nyata. Di mana berbagai item-item langka Ragnarok diperjual belikan hingga menyentuh angka puluhan juta rupiah. Karena begitu fenomenal, siapapun rasanya ingin kembali ke Ragnarok. Hingga saat ini, penggemar Ragnarok di Tanah Air masihlah sangat besar karena memang susah berpindah ke lain hati.

3 Kingdoms

Salah satu hal yang membuat 3 Kingdoms begitu menarik adalah tampilan grafis tiga dimensi cukup bagus. Pertama kali dirilis pada tahun 2010, 3 Kingdoms Online menawarkan kisah petualangan berlatar belakang kejadian nyata bersejarah mengenai tiga kerajaan di China pada abad ke-3. Ketika pertama kali dikenalkan, game keluaran WaveGame ini langsung jadi game dengan user terbanyak mereka.

Keberadaan soldier system, autobot dan PvP masal membuat 3 Kingdoms menjadi salah satu MMORPG paling disukai. Bertahan di tengah persaingan game, WaveGame melakukan reboot dan merilis 3 Kingdoms Classic pada 2 November 2017.

Counter Strike

Counter Strike pada awalnya hanyalah sebuah game yang bisa dinikmati lewat jaringan LAN (Local Area Network). Sehingga kala itu para pemain harus dalam satu jaringan yang sama alias dimainkan di warnet. Namun karena begitu booming pada tahun 2000, Counter Strike berevolusi menjadi game online. Didukung oleh para penyedia server pribadi, Counter Strike menjadi game FPS (First Person Shooter). Game ini termasuk salah satu game PC legendaris yang banyak dimainkan.

Bermain Counter Strike memang bisa membuat siapapun keranjingan karena pemain dipisahkan dalam dua tim yakni Terrorist serta Counter-Terrorist. Karena popularitasnya itulah, Counter Strike dimainkan banyak gamer tak hanya di Indonesia tapi hingga dunia. Tak berlebihan kalau akhirnya Counter Strike menjadi salah satu pelopor kemunculan E-Sport di Tanah Air.

 

Tak hanya mengisi waktu luang, Counter Strike menjelma menjadi game yang menguntungkan secara finansial hingga mengharumkan Indonesia di kompetisi game internasional. Demi memberikan wadah resmi untuk para penggemarnya, Megaxus Infotech akhirnya merilis Counter Strike Online pada tahun 2011.

Lost Saga

Pada tahun 2009, Gamescool merilis Lost Saga yang ternyata sukses menarik banyak peminat. Daya tarik utama Lost Saga adalah karena mereka menjadi game online fighting action pertama di Indonesia. Kemampuan Lost Saga bertahan di tengah persaingan game online tentu menjadi kisah baru mengingat GetAmped gagal melakukan jalan yang sama meski sudah dikenalkan pada 2005.

Memiliki berbagai karakter menarik dan mode permainan yang variatif serta keberadaan map interaktif adalah keunggulan Lost Saga. Sebuah fitur yang tidak dimiliki oleh Survival Project sehingga bangkrut.

DotA

Sama seperti Counter Strike, DotA alias Defenter of the Ancients pada awalnya adalah sebuah game LAN. Yang unik, DotA ini merupakan custom game Warcraft III yang dikenalkan oleh penyedia server pribadi. Jauh sebelum para pengguna game Android begitu menyukai game-game MOBA seperti Mobile Legends atau AOV, DotA adalah pelopor dari genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) itu sendiri.

Inti dari DotA ini adalah ada dua tim yang saling bertarung dalam satu arena untuk saling menghancurkan markas lawan. Tak cuma sekedar game, pemain DotA di Indonesia banyak yang sukses memenangkan turnamen global seperti XcN dan Fnatic. Kesuksesan DotA di Tanah Air membuat banyak pengembang seperti LYTO dan Garena mengenalkan Avalon serta Heroes of Newerth.

AyoDance

Jangan pernah meremehkan musik atau kegiatan menari alias dance. Karena satu dekade lalu, penggemar game online berbasis PC di Indonesia tengah terjaring virus Audition AyoDance. Berbeda dengan game-game online petualangan, Megaxus Infotech begitu percaya diri mengenalkan AyoDance pada Januari 2007. Perlahan tapi pasti, AyoDance sukses membuat banyak perempuan keranjingan game online.

Bisa dibilang kalau AyoDance adalah pembuka pangsa pasar baru dalam sejarah game online di Tanah Air. Kendati O2Jam adalah game online musik pertama, AyoDance justru yang sukses dikenal. Anda bisa mengubah sendiri tampilan karakter dan pilihan koleksi lagu yang begitu banyak.

Point Blank ( Game Online Legendaris )

Game Online Legendaris

Di saat Counter Strike tengah mencoba melakukan proses legalisasi di Indonesia, Gemscool memanfaatkan momen itu dengan merilis Point Blank pada tahun 2009. Diberkahi grafis, efek dan berbagi fitur yang jauh lebih menarik, Point Blank dengan cepat digandrungi. Saat itu Point Blank menjadi fenomena online di Tanah Air karena memiliki rekor CCU (Concurrent Users) mencapai 300 ribu,

Di kala banyak orang kesulitan membeli Counter Strike online yang asli, Gemscool menawarkan model Free to Play sehingga mudah dimainkan siapapun. Jaringan Gemscool yang sudah kuat dengan Ghost Online dan Yulgang Online membuat pengenalan Point Blank sangat cepat. Tak heran kalau dengan segera warnet-warnet dipenuhi oleh gamer yang asyik bermain Point Blank.

Gunbound ( Game Online Legendaris )

Game Online Legendaris

Dirilis pada tahun 2004, Gunbound termasuk salah satu pelopor game bergenre action di Indonesia. Anda bisa memainkan Gunbound baik sendirian atau berkelompok. Di saat Ragnarok mengharuskan pemain membeli voucher untuk bisa masuk ke Prontera, Gunbound tidak memakai sistem itu sehingga jadi game pelarian. Namun sayang, keseruan Gunbound saat ini tinggal kenangan karena game ini ditutup pada 2012.

Melihat berbagai game online berbasis PC yang sudah diulas, tampaknya bisa dibilang kalau era 2000-2010an awal adalah masa keemasan bagi game online. Kendati saat ini game Android sudah mewabah dan lebih menarik karena efektif serta efisien, tetap saja para gamer memiliki rasa rindu dan ingin kembali merasakan momen petualangan naik level bersama teman-teman online di depan layar PC.

Share:

Author: Game268

Pecinta Game android dan PC , menulis artikel untuk para sesama gamer di indonesia , mencerahkan dan membantu sesaa gamers mencari game game terbaru 2019 dan juga game terbaik serta viral yang sekarang sedang dimainkan di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *