Keren! Game Fighting Ini Laris di Tahun 1990an

games268.com/ Game memang sudah menjadi wabah bagi banyak kaum di dunia, tidak hanya anak-anak saja. Rupanya banyak gamer yang berasal dari kalangan orang dewasa. Bahkan sampai saat ini, beriringan dengan teknologi yang semakin canggih maka semakin banyak dan marak juga kecanggihan game yang ada sekarang ini.

Padahal di masa 90an dahulu, game hanya sebatas permainan dengan teknologi sederhana seperti Nintendo, ding dong, sega dan lain-lain. Banyak yang memainkannya, apalagi jenis permainan pertarungan atau fighting dengan bervariasi musuh, entah dalam bentuk 3D maupun 2D.

Daftar Game Fighting 1990an

 

Virtual Fighter (1993)

Virtual Fighter adalah game terbitan Sega di tahun 1993 dan bisa disebut game ini merupakan tonggak perkembangan era game fighting 3D, baik di mesin arcade maupun konsol. Gameplay-nya masih sangat sederhana dan grafik yang kotak-kotak.

Apalagi hanya ada 3 tombol aksi yang ada yaitu punch, kick dan blok. Meskipun simple, game inilah kemudian menjadi bayak inspirasi untu developer game lain dalam merilis jenis-jenis serupa seperti combo atau ring out.

 

Battle Arena Toshinden 2 (1995)

Battle arena toshiden 2 dirilis tahun 1995 oleh perusahaan tamsoft dan dapat dikatakan bahwa game ini merupakan game fighting 3D pertama dengan dasar permainan senjata. Tujuan dari peluncuran game ini agar dapat bersaing dengan kepopuleran virtual fighter 2 milik sega.

Akan tetapi, ketika game 3D lainnya mulai bermunculan, tetap saja mempertahankan kepopuleran bukan hal mudah. Meskipun tidak disambut semarak game 3D Takten nantinya, tetap saja game Battle Arena Toshiden merupakan tonggak awal perkembangan game 3D dengan dasar permainan menggunakan senjata.

 

Fighting Vipers (1995)

Fighting Vipers diluncurkan tahun 1995 oleh Sega AM2, perusahaan yang banyak membuat game fighting salah satunya virtua fighter, game paling populer saat itu. Game ini memang mengadopsi sistem battle yang mirip dengan virtua fighter, sehingga bisa dikatakan fighting viper adalah jenis perkembangannya game tersebut.

Tetapi, terdapat perbedaan mencolok yang terletak di pemilihan karakter atau playernya, karena dilengkapi dengan jubah armor pelindung, meskipun bisa juga hancur jika terus-terusan menerima kerusakan atau demage. Lalu ketika armor itu hancur maka demage yang diterima karakter akan terus bertambah.

Selain dari karakternya, sistem ring out juga lebih dibenahi yaitu dengan menambahkan pagar di sekeliling arena fighting, sehingga mungkin menjadi pembeda jelas dengan game virtua fighter sebelumnya.

Selanjutnya, karena memang kesuksesan yang tidak bisa dibantah lagi dari game fighting viper ini, maka tahun 1998, sega merilis kembali fighting vipers 2 sebagai sequel generasi lanjutannya yang diharapkan dapat meningkatkan kepopuleran baru untuk tipe game itu.

 

Street Fighter EX (1996)

Perusahaan Arika melalui CapCom pada tahun 1996 telah merilis game Street Fighter EX sebagai game yang mengangkat tema pertarungannya. Memang, capcom selalu identik dengan game fighting, seperti street fighter yang populer, sehingga mencoba keberuntungan dengan merilis game baru versi polygonnya yaitu street fighter EX.

Gameplay dari game ini bisa dibilang mirip seri game street fighter, tetapi sedikit berbeda juga karena telah ditambahkan beberapa fitur dan aksesoris baru.  Melalui game ini pula, seri Alpha yang sebelumnya diluncurkan, juga disematkan ke dalamnya sehingga player tidak akan kesulitan bermain.

Sementara visual grafiknya masih kotak-kotak tetapi sudah halus dan smooth sehingga cukup baik dilihat. Sayangnya, karakter yang bisa dipilih cukup sedikit jika dibandingkan dengan game street fighter sebelumnya, yaitu hanya 10 pilihan. Game ini kemudian mendapatkan kepopuleran dari gamer, sehingga 2 tahun setelah perilisannya diluncurkan sebuah sequel.

 

Soul Edge (1995)

Soul edge adalah game fighter terbitan Namco dan merupakan game weapon based 3D Fighting sebelum Merger dengan Bandai. Game ini serupa dengan arena toshiden tetapi mendapatkan lebih popularitas dan antusiasisme dari para gamer, apalagi dengan gameplay-nya yang sederhana, grafik visual yang memukau, serta jurus combo dan karakter yang bervariasi.

Sampai kemudian, Namco merilis versi keduanya yang merupakan update dari soul edge pertama. Hal yang paling membedakan keduanya adalah adanya karakter tambahan seperti hwang yang merupakan kembaran mitsurugi dan si Boss yang playable, Cervants. Sedangkan dalam segi gameplay-nya, tipe kedua jauh lebih mudah dibanding tipa pertama.

 

Dead or Alive (1996)

Dead or alive ini dirilis pada tahun 1996 oleh Team Ninja melalui Tecmo, game ini merupakan seri awal atau spin off dari serial Ninja Gaiden. Tentu tidak banyak yang tahu tentang hal ini, seperti dijadikannya Ryu Hayabusha sebagai karakter reguler yang selalu muncul di setiap seri, karena para gamer lebih tertarik dengan karakter wanita yang busty dan bouncing.

Sedangkan dari segi gameplay-nya, seri dead or alive ini sangat menyenangkan, apalagi dengan variasi combo yang mudah dikuasai dan sistem counter yang keren. Team Ninja kemudian merilis seri ke duanya sekitar 3 tahun kemudian setelah dead or alive pertama meluncur.

 

Rival Schools: United by Fate (1997)

Capcom sekali lagi meluncurkan gamne fighting di tahun 1997 bernama Rival School: Uniter by Fate. Tema yang diangkatnya agak unik dan sedikit kontroversial, karena mendeskripsikan pertarungan antara murid dan guru di sekolah. Sehingga membawa kesan tidak baik dan tidak mendidik di mata prang tua, tetapi jika dilihat khusus berdasarkan permainannya, tidak salah lagi jika game ini disebut menyenangkan.

Seperti biasanya game fighting terbitan capcom, game ini memiliki gerakan karakter yang luwes dan berbagai jurus combo. Bahkan game ini juga mengadopsi beberapa fitur milik game street fighter alpha seperti aplha cancel dan alpha counter sehingga sangat mudah dimainkan.

 

Tekken 3 (1997)

 

Tekken 3 yang dirilis tahun 1997 merupakan keluaran dari perusahaan Namco seri pertamanya telah dirilis tahun 1994 sebagai pijakan awal game fighting 3D. Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa seri ke-3 Tekken adalah yang paling populer dibanding seri lainnya. Apalagi di seri ini, terjadi perombakan drastis di grafik dan gerakan karakter yang jauh lebih lincah serta variasi combo yang lebih banyak.

 

Mortal Kombat Series

Mortal combat awalnya muncul dari ide Ed Boon dan John Tobias. Mereka sangat ingin membuat video game yang langsung dibintangi oleh Jean-Claude Van Demme, lalu pada tahun 1992 di bulan oktober, game ini untuk pertama kalinya dirilis dan sejak saat itu mulai banyak mengeluarkan banyak versi.

Sampai versi terakhir dengan judul Mortal Kombat X hadir kembali yang dapat digunakan untuk banyak platform, termasuk Android dan iOS dan tidak hanya untuk konsol atau arcade saja. Sehingga memang tidak salah jika game Mortal Combat ini mendapat banyak kepopuleran dan antusias dari banyak gamer.

Nah, itu semua adalah game fighting yang populer di era 90an. Masih banyak game lain seperti X -Men: Children of The Atom (1994), Far East of Eden: Kabuki Klash (1995), Double Dragon (1995) dan lain-lain.

 

Lihat Apa Saja Game Jadul yang Populer di Tahun 90an!

 

Game merupakan hiburan yang banyak disukai masyarakat di dunia, tidak hanya anak-anak saja tapi juga orang dewasa. Game meskipun sudah ada sejak dulu, tetapi beberapa jenisnya tidak secanggih game yang ada di era maju sekarang ini.

Meskipun sejak tahun 1990an, game memang terus berkembang dan tercipta game-game lain yang lebih variatif dan kreatif serta canggih. Tetapi, karena permainannya yang sebelumnya lebih sederhana dan bisa dimainkan semua orang itu, justru membuat rindu dengan masa kanak-kanak dahulu.

10 Game Jadul Populer di Tahun 90an

 

Balloon Fight

Dahulu, anak-anak tumbuh di masa kejayaan PS atau Playstation dan NES maka jenis game yang paling disukai adalah Bishi-Bishi dan Balloon Fight, karena menawarkan kesenangan dalam bermain yang hebat dan gila. Apalagi dengan gameplay yang sederhana, maka semua anak pasti menggemari tipe permainan ini.

Tema yang diambil berupa balon udara dan player harus terbang dengan balon tersebut sembari memastikan tidak ada musuh atau rintangan yang memecahkannya, apalagi jika teman sendiri yang merusak. Tentu, nanti Anda juga harus bertarung dengan teman sendiri jika sampai balon tersebut pecah karena sengaja atau tidak sengaja.

Player juga harus membunuh musuh yang terlihat di layar, sekaligus ada banyak skenario yang bisa diangkat dari game ini karena setiap anak akan bahu membahu saat melewati rintangan. Gameplay-nya masih tergolong sederhana dan bisa dimainkan secara multiplayer. Maka pantas jika game ini dinobatkan menjadi yang paling menyenangkan di NES.

 

Double Dragon II

Double Dragon adalah game fighting yang terbaik di era NES 90an, dimana 2 orang ahli beladiri tidak ragu melewati musuh bengis dan jahat untuk menyelamatkan seorang gadis. Hal yang paling menarik dari game ini adalah gameplay yang tergolong sederhana, bisa dimainkan secara multi, kesempatan mengambil senjata di tengah-tengah pertarungan untuk meningkatkan damage lawan.

Dan yang paling menyenangkan, adalah Anda tidak perlu menggunakan strategi khusus dan hanya melaju melawan musuh dengan berani. Dengan kata lain, di dalam game ini Anda hanya perlu otot-otot si Karakter.

 

Ninja Gaiden

Ninja Gaiden adalah jenis game yang paling sulit ditamatkan sepanjang masa, apalagi di versi modern-nya dimana memposisikan player sebagai game action yang tidak hanya main sabet padang tetapi juga butuh otak dan strategi, seperti bertahan, menghindar dan memanfaatkan beragam variasi senjata yang disediakan untuk serangan yang efektif pada lawan.

Berdasarkan perkembangannya, Ninja gaiden era 90an, era sebelumnya dan era setelahnya menyimpulkan hal sama di segi pertarungan dan kesulitan bermain. Akan tetapi, yang membedakan dari generasi ke generasi adalah tampilan yang lebih sederhana dengan tingkat kesulitan yang bertambah.

Tentu saja hal ini akan mempengaruhi kualitas bermain seperti semakin menambah keseruan dan emosi, karena musuh terus saja bertambah kuat dengan serangan yang sulit dihindari dan pertahanan yang sulit ditembus.

 

Galaga

Galaga adalah game shooter yang sulit ditamatkan, siapa yang menyangkanya karena dilihat secara rasional game ini tidaklah sulit karena hanya meminta player untuk menembak musuh secara lurus dan menghindari berbagai serangan kapal alien yang mendekat dari depan.

Hal yang paling khas dari game ini adalah suaranya yang unik dan memorable, mendengarkan suaranya saja mungkin sudah membuat suasana yang seru dan menyenangkan. Bukan hanya bagai player saja, tetapi penonton pun bisa ikut bersorak, apalagi ketika momen keren muncul di tengah-tengah permainan.

Momen itu berupa pesawat yang tengah player gunakan tiba-tiba diculik dan disimpan ke belakang barisan lawan, sementara Anda hanya membiarkannya dengan menyimpan strategi untuk kembali membebaskannya. Lalu ketika pesawat berhasil dibebaskan, tiba-tiba Anda bermain dengan 2 pesawat sekaligus.

 

Zuma

Zuma adalah jenis game klasik yang pasti membuat kecanduan, apalagi dengan peningkatan level yang jujur saja tidak bisa membuat Anda berhenti karena ingin terus maju. Permainan ini mengambil tema bola-bola warna-warni yang bersusun secara acak dan terus bergerak ke titik akhir.

Kemudian Player diharuskan untuk menembak bola-bola tersebut dengan bola baru yang memiliki warna sama sampai barisan bola itu memendek dan tidak sampai ke ujung barisan.

 

Resident Evil 2

Resident evil 2 adalah jenis game yang sangat populer di masa itu, bahkan mungkin hingga saat ini. Pada masa sebelum kejayaannya, game ini pernah mendapatkan klaim sebagai game horror terbaik di masa mendatang. Hal ini dibuktikan dengan sekuel pertama ketika game ini muncul.

Kemudian, ketika residen evil ke-2 selanjutnya dirilis, jelas terbukti bahwa jenis game horror dengan tema zombie membuat rasa tersendiri bagi para gamer. Selain itu, gameplay dan alur yang disajikannya pun sangat hebat dengan menyajikan karakter-karakter menarik.

 

Cadillacs and Dinosaurs

Cadillacs and Dinosaurs adalah game terbitan Capcom yang memang sudah terkenal dengan banyak game action side scrolling seperti Captain Comando atau Alien vs. Predator dan lain-lain. Akan tetapi, berbeda dengan game-game tersebut, Cadillacs and Dinosaurs memiliki tema unik dimana keberadaan dinosaurus bisa menjadi spesial di mata gamer.

 

Street Fighter 2

Street Fighter 2 adalah tombak game fighting di masa itu, bahkan hingga saat ini banyak jenis game fighting yang terkenal di mata gamer. Sebagai jenis game arcade paling populer di masanya, street fighter 2 memang sebuah pelopor dan inspirasi judul game fighting setelahnya.

Street Fighter 2 menghadirkan variasi karakter yang memukau, taktik bermain yang hebat hingga bonus stage yang menantang. Paling hebatnya, bahwa game ini mampu membuat sosok Ryu sebagai salah satu karakter game yang terkenal dengan ciri khas berupa kostum karate putih dengan pengikat kepala.  Tidak hanya ryu, sebenarnya semua karakter di Street Fighter memiliki ciri khas yang unik.

 

Boomberman

Boomberman adalah gema NES yang bisa dinikmati bersama teman, karena mengusung sistem multi player secara bergantian. Dengan demikian para pemain bisa secara kompetitif mendapatkan score tertinggi.

Sedangkan berdasarkan tema yang diusung oleh game ini adalah ketika karakter Boomberman, yaitu seorang pengebom yang terperangkap di suatu ruangan dengan banyak dinding. Tentu, player harus membuat strategi agar bisa menghancurkan dinding yang menghalanginya dan musuh-musuh yang terus berdatangan menggunakan sebuah bomb.

Hal paling lucu kadang muncul saat memainkan game ini, yaitu ketika karakter bomberman Anda mati karena kebodohan dan bomb sendiri, seperti tidak sengaja meletakannya di depan muka dan Anda berusaha melarikan diri dengan susah payah tapi akhirnya kalap juga. Sungguh sebuah penyesalan yang membuat tawa.

 

baca juga

Daftar Game Paling Viral dan Terbaik Untuk Online PC Serta Android yang Seru Dimainkan Saat Santai

Deretan 10 Game Nintendo di Era 90an Ini Selalu Jadi Kenangan

 

Tetris

Tetris adalah game sederhana yang kadang membuat jengkel dan banyak menguras otak, karena meskipun hanya menyusun balok yang jatuh saja, Anda masih bisa kalah. Parahnya jika Anda kalah di level yang rendah sementara ada banyak level yang menanti dengan meningkatkan kecepatan balok-balok saat turun.

Nah, 10 game itulah yang populer di era 90an. Apakah ada yang berkesan di hati Anda? Tidak hanya 10 itu, sebenarnya masih ada banyak yang pasti membawa kenangan tersendiri bagi Anda.

Share:

Author: Game268

Pecinta Game android dan PC , menulis artikel untuk para sesama gamer di indonesia , mencerahkan dan membantu sesaa gamers mencari game game terbaru 2019 dan juga game terbaik serta viral yang sekarang sedang dimainkan di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *